Skip to content

Categories:
  • Cerita Berhikmah
  • Jalan-jalan
  • Jendela Islam
  • Ngaji Yuk…!!
  • Perjalanan Miftahuna
  • Reportase
  • Sekitar Kita
  • Wacana Santri

Teguran berharga dari Abah

Sebuah renungan

Tak seperti biasanya , selasa pagi ini aku bisa bangun sendiri lebih cepat, kulihat sekeliling kamar Hasan Al-Bashry masih ada yang tidur namun sebagian telah mandi dan ada yang sudah siap berangkat. Jam dinding menunjukan pukul 04.15, segera ku raih kitab Kifayah dan buku tulis yang sengaja ku persiapkan untuk mencatat pengajian Abah Mukhlas yang ku beri judul” Untaian Mutiara”. Sungkan, mungkin kata yang tepat, ketika aku ingin  membangunkan anak-anak, kenapa? karena setiap ngoprak-ngoprak hasilnya malah aku yang terlabat jamaah sehingga harus rela duduk di shaf paling belakang.

Keluar kamar, ternyata masih banyak anak yang terlelap, anehnya ada yang janggal, karena sudah jam -04.30 , bel pengigat belum juga berbunyio dan ku lihat kantor juga masih sepi. Apakah pengurus masih tidur?

Keluar komplek Aku teringat bahwa sandalku hilang, Continued…

Posted in Perjalanan Miftahuna.

9 comments

By miftah October 15, 2011


Jatuh ke selokan saat khutbah Jumat

 Mungkin tak pernah terbayang olehku bagaimana jatuh ke selokan ketika khutbah Jumat sedang berlangsung. Mau tahu seperti apa kisah lengkapnya, mari kita simak bersama detik-detik terakhir jatuhnya sang miftahuna ke selokan hehhh.

Jumat ini seperti biasanya menyenagkan Kuliah subuh, waktu luang untuk melepas penat, banyak rapat, cairan , ro’an sampai mencuci pakaian. Continued…

Posted in Perjalanan Miftahuna.

3 comments

By miftah September 24, 2011


Guci Tegal, Pemandian air panas di lereng Slamet

Welcome to Guci

Kalau anda ingin berlibur ke Provinsi Jawa Tengah Kabupaten Tegal tepatnya, sedikit ke arah Selatan terdapat tempat wisata pemandian air panas yang Bernama Guci. Obyek wisata yang terletak di kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal ini, memiliki panorama alam yang sangat inda, kontur pegunungan yang berhawa sejuk, hutan pinus yang menyapa sepanjang perjalanan akan membuat anda merasa senang berlama-lama di depan jendela mobil anda. Bahkan sebelum mencapai Guci anda akan melewati sebuah lembah dan ngarai yang sangat luas dan terdapat air terjun di tengahnya, mirip lembah wisata Ngarai Bukit Tinggi, Padang, Sumatra Barat.

  • Lokasi

Pintu Gerbang Kota Slawi

Guci berada 40 km di selatan kota Tegal jurusan Slawi, Purwokerto. Anda akan melalui Lebaksiu. Sebuah kecamatan kecil, dimana sebagian besar penduduknya adalah migran pedagang martabak di kota- kota besar di segala penjuru Continued…

Posted in Jalan-jalan.

Tagged with Curug Jedor, Guci, Lebaksiu, Pemandian aier panas Guci, Poci, Slawi, tegal, Walisongo, Yomani.

5 comments

By miftah September 17, 2011


Tiga ” UR ” yang mesti dimiliki Orang Tua

 Layaknya orang tua dimana pun pasti menginginkan anak – anaknya berhasil, berbakti pada orang tua dan bisa bermanfaat untuk bangsa serta agamanya.

Orang tua yang baik pastinya akan sangat memperhatikan pendidikan putra putrinya sedari kecil, apalagi soal pendidikan karakter, orang tua harus menjadi figur yang baik supaya bisa dicontoh.

Namun kebanyakan orang tua sekarang banyak yang tak bersabar dalam mendidik anak sehingga ketika dia putus asa karena kenakalan si anak yang sudah keterlaluan, bukannya berdoa untuk kebaikan anaknya, malah nyupatani atau mengatakan kata sumpah serapah yang buruk untuknya. Bagai mana solusinya? Berikut plajaran yang di peroleh miftahuna dalam Acara pengajian dalam rangka Halal Bihalal keluarga.

Dalam pengajian yang disampaikan oleh Ustdz. Abdul Ghofur, Orang tua harus memiliki prinsip orang jawa dulu dalam mendidik anak , yaitu 3 UR  antara lain:

  • UR yang pertama yaitu TUTUR, oarang tua harus Continued…

Posted in Cerita Berhikmah.

5 comments

By miftah September 7, 2011


Belajar dari Tukang Parkir

 Tukang parkir, jika kita mendengar kata di atas, pasti langsung terbesit dalam benak kita sosok yang senantiasa berdiri di pinggir jalan, memakai seragam khas parkir serta beratribut peluit, sedang sibuk mengatur keluar masuknya kendaraan di area parkir. Pekerjaan ini sering dipandang sebelah mata banyak orang, alasannya mudah, harus berlomba dengan debu dan teriknya matahari  sepanjang hari, namun hasil yang didapat tak seberapa.

Masa belajar dengan tukang parkir? Continued…

Posted in Cerita Berhikmah.

2 comments

By miftah August 11, 2011


Mau modern, malah jadi budak Dajjal

 Siapa yang tak tahu Dajjal, sosok  yang telah dicap kafir yang akan datang di masa akhir zaman, di mana kebatilan telah menjadi menu harian warga bumi dan Al-Qur’an tinggalah sebuah kitab tanpa makna yang hanya menjadi hiasan.

Tapi tahukah anda kapan Dajjal akan muncul ? dan seperti apa dia? dari sini muncul banyak spekulasi tentang sosok ini, dalam sebuah hadits ia di ceritakan berambut kriting, berbadan gemuk, mata sebelah kanannya buta dan terakhir terdapat tulisan ” Kafara” di dahinya. Namun ternyata sebelum kemunculannya ternyata Dajjal menyiapkan lingkungan bumi supaya menjadi tempat yang cocok bagi dirinya dan pengikutnya untuk mulai menebar teror dan menawarkan kamuflase.

Apa yang akan datang sebelum ia datang bukan bentuk fisik melainkan metafisik alias idiologinya yang akan menghancurkan umat secara perlahan tanpa  mereka sadari, bahkan  mereka kini menikmatinya dan menganggap ini sebagai tanda kemajuan. sebagai ciri idiologinya biasanya ia tampak memikat, modern dan instan, tapi dibalik itu tersimpan berbagai mudharat dan fatamorgana Continued…

Posted in Wacana Santri.

1 comment

By miftah August 11, 2011


Sebuah ironi di warung Es

 Setelah PKL di karawang rasanya hati ini terasa punya keterikatan batin yang dalam baik buminya, masyarakatnya bahkan sampai suasanya yang panas terasa dirindu ketika telah tiba di Benda yang begitu dingin.

Namun selama PKL di sana ku mendapatkan pengalaman yang sangat berharga, entah yang bokin seneng was-was , takut hingga bikin hati miris dan sedih.

Tapi kali ini Ana pengin cerita mengenai sisi lain Karawang yang membuatku prihatin.

kisah ini bermula ketika aku dan temanku fahis mengadakan perjalanan dari Tempuran ke  cilamaya guna meeting para SC lomba, aku saat itu menjadi SC CCIAU (Cerdas Cermat Ilmu Agama dan Umum), setelah rapat selesai kita berdua sepakat untuk mengunjungi Pangkalan Gas Pertamina yang ada di sebelah selatan jalan.

Melihat sekitar pabrik membuatku kagum betapa banyaknya kekayaan indonesia, hal ini juga menyisakan pertanyaan dalam hatiku, Kenapa indinesia yang pinya SDA sebanyak itu tak pernah selangkahpun menjasi negara Maju? bahkan sekarang malah terjadi kelangkaan bensin, bagaimana ini? Continued…

Posted in Perjalanan Miftahuna.

Tagged with Karawang, Tempuran Cilamaya.

4 comments

By miftah July 6, 2011


Kini Saatnya aku berangkat

 Akhirnya hari yang ditunggu pun tiba, yah hari ini adalah hari pemberangkatanku ke medan jihad di Karawang, Jawa Barat. jihad pasih sih? jihad adalah istilah penyemangat ku untul melaksanakan TP(Teaching program), sebuah PKL yang diadakan Aliyah khusus untuk program Keagamaan.

Namannya PKL sudah pasti membutuhkan banyak persiapan disamping bekal fisik bekal mental dan rohanipun harus sudah siap, namun TP kali ini terasa berbeda, kenapa? Continued…

Posted in Perjalanan Miftahuna.

Tagged with Aliyah, PKL, TP.

4 comments

By miftah June 11, 2011


Alangkah lucunya, Organisasi Cuma Jalan Ditempat

 Judul ini terinspirasi ketika melihat film ”Alanglah lucunya negeri ini”, bukan karena pengin nyontek melainkan pengin berbagi cerita. Kalo film diatas bercerita tentang bagimana perjuangan seorang mahasiswa lulusan Manejemen ekonomi yang bolak balik melamar pekerjaan, tapi apalah tanganpun tak sampai alias selalu di tolak mentah-mentah, mungkin ini yang terjadi di tengah masyarakat kita atau mungkin anda sendiri yang mengalaminya. Namun kali ini saya tak mau berbelit –belit membahas soal itu, tapi mau berbagi pengalaman sendiri mengenai kejanggalan yang sangat mencolok di suatu organisasi.

Perjalanan dimulai ketika aku diajak untuk menghadiri sebuah Kongres yang diadakan IPNU (Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama) di desa yang terletak tepat di lereng Gunung Slamet, sebut saja Plompong, rencananya acara ini memakan waktu sehari semalam, akupun tak lupa membawa segala perlengkapan layaknya camping.

Setelah naik angkudes dari Benda menuju manggis, perjalanan kami lanjutkan dengan berjalan kaki menaiki bukit dan menurunya kurang lebih 5 Km, dalam perjalanan terbayang kongres akan ramai dan bakal dihadiri oleh para pembesar, para intelek dan pemuda NU.

Namun tak disangka ternyata bayangan tak seindah realitas Continued…

Posted in Wacana Santri.

Tagged with Al-Hikmah 2, IPNU, malhikdua, Sirampog.

2 comments

By miftah May 24, 2011


Bumiayu : Kota Santri Yang kehilangan Pesona Kesantriannya

Masjid Raya Bumiayu

Mendengar Kota Bumiayu, bagi kita kaum santri akan terbayang belanja, wisata, jalan- jalan, ngenet hingga Mie Ayam Unsoed yang terkenal pintar menggoyang lidah para penikmatnya. Namun adakah yang menyadari bahwa kota yang sangat dicintai Penduduk Brebes selatan, khususnya para santri yang tinggal di pesantren di sekitarnya, ternyata kini telah berubah, baik dari segi kemajuan budaya, social, ekonomi hingga keagamaan.

Dilihat dari berbagai sudut pandang perubahan ada yang positif dan ada pula yang negatif, begitu juga Bumiayu, mingkin banyak orang yang bangga karena kota yang di lewati sungai keruh serta mempumyai panorama alam yang indah perekonomiannya tercatat dalam kategori pesat perkembangannnya, namun jika dilihat secara historis, sebenarnya apakah yang membuat kota ini begitu terkenal, hingga bila ada orang yang bilang” Bumiayu” pasti langsung muncul kata santri dan seabrek Continued…

Posted in Wacana Santri.

Tagged with brebes, bumiayu, jilbab, kota santri, peci, santri.

4 comments

By miftah May 24, 2011


Next »

gipoco.com is neither affiliated with the authors of this page nor responsible for its contents. This is a safe-cache copy of the original web site.